Categories
Lain-lain

Jenis dan Contoh Tarian Sunda Asli Indonesia

Dari sekian banyak jenis tarian asli Indonesia, Tarian Sunda, menjadi tarian yang wajib untuk anda ketahui untuk tetap menjaga nilai budaya tanah Air. Mirisnya, saat ini ada banyak sekali orang yang tidak mengetahui tarian daerah, bahkan yang tinggal di daerah itu sendiri.

Sunda menjadi daerah yang tetap menjaga unsur budayanya dengan baik, hal ini tentu wajib dilakukan oleh semua orang yakni menjaga setiap kebudayaan tempat mereka tinggal. Walau memang masih ada banyak warga negara yang tidak mengenal budaya mereka sendiri.

Karena itu, kali ini Matchshannon akan membahas untuk anda beberapa hal terkait Tarian Sunda baik itu sejarah dan beberapa contohnya dengan lengkap melalui ulasan kali ini.

Tarian Sunda

Tidak seperti beberapa tarian asal daerah lain di Indonesia, Tari Sunda masih tetap lestari sampai sekarang ini. Bahkan, ada banyak orang di luar Sunda atau bukan keturunan Sunda yang juga mengenal beberapa jenis tarian tersebut. Tentu saja hal tersebut tidak lepas dari peran masyarakat daerah Sunda yang tetap melestarikannya.

Alasan kenapa banyak tarian Sunda tetap ada sampai saat ini karena tetap dijaga dari generasi ke generasi dan menariknya, tari trafidisional asli daerah Sunda sering seali dipentaskan pada beberapa acara kenegaraan.

Dengan melakukan hal tersebut, maka budaya akan tetap ada dan tidak akan pernah hilang. Mungkin bagi sebagian orang melakukan hal tersebut terlihat mudah, tapi tidak dengan realitanya karena dengan perkembangan teknologi seperti sekarang ini ada banyak orang yang kurang tertarik dengan kebudayaan mereka sendiri.

Karena itu, kali ini kami akan mencoba membagikan kembali beberapa penjelasan terkait tarian sunda kepada anda dan semoga hal ini menjadi salah satu upaya untuk tetap menjaga kebudayaan yang ada di Indonesia.

Tari Jaipong

Tentu sebagian besar dari anda sudah tidak asing lagi dekngan tari Jaipong, yang mana ini adalah sebuah kesenian asli Sunda dan banyak dikenal oleh orang lain di luar Sunda itu sendiri. Seperti yang kami singgung sebelumnya yang mana tarian ini kerap muncul di beberapa acara kenegaraan dan membuat bayak orang mengetahuinya.

Tari Jaipong sendiri tergolong pada tari modern karena tarian ini muncul pada era tarian modern muncul dan dan menjadi tarian yang sudah diperbaharui. Namun, tahukah anda bahwa tarian yang satu ini juga pernah menuai banyak kontroversi di masa lalu karena dianggap terlalu erotis pada setiap gerakannya.

Uniknya, seiring perkembangan waktu tarian ini bisa diterima dengan baik tidak hanya di daerah Sunda dan Indonesia, tapi sampai ke luar negeri. Ada banyak para wisatawan yang ingin menyaksikan tarian ini secara langsung.

Tari Topeng Babakan

Tarian Sunda berikutnya adalah Topeng Babakan yang memiliki ciri khas mengenakan sebuah topeng saat melakukan tarian. Tarian ini memiliki ciri khas tersendiri yang akan berbeda dari tari topeng sunda yang lain dari segi alur penampilannya.

Nantinya, para penari akan mengikuti setiap alunan dari musik yang berasal dari rebab, kempul, kecrek, gendang besar, kromong tiga, gong buyng, dan juga kulater. Perpaduan dari setiap alat musik tersebut membuat tarian ini menjadi semakin unik dan bisa dinikmati oleh semua kalangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.