Categories
Bank

Cara Daftar BPUM BRI Yang Benar Sesuai Ketentuan

Cara daftar BPUM BRI memang memiliki ketentuan tersendiri yang apabila tidak sesuai ketentuan anda tidak akan mendapatkan bantuan dari pemerintah atau biasa disebut dengan BLT UMKM. Karena itu tidak heran kalau ada banyak para pelaku UMKM yang sudah melakukan pengajuan tapi ditolak oleh dinas terkait.

Hal tersebut memang sengaja dilakukan oleh pihak pemerintah agar bantuan ini tepat sasaran dan memang digunakan oleh mereka yang sedang membutuhkan, yakni para pemilik usaha kelas kecil yang sedang berjuang setelah terjadi pandemi.

Tapi, apa saja ketentuan yang perlu disiapkan dan bagaimana cara melakukannya? Semua itu akan Matchshannon jelaskan melalui ulasan yang ada di bawah ini.

Cara Daftar BPUM BRI

Pandemi memberikan dampak yang cukup besar pada sektor ekonomi dan pelaku usaha, tidak sedikit para pengusaha yang terpaksa menutup usaha mereka karena tidak lagi bisa beroperasi. Melihat hal itu tentu saja pemerintah tidak tinggal diam, dan melakukan berbagai upaya agar ekonomi bisa bangkit lagi.

Salah satu upaya yang sudah dilakukan oleh pemerintah adalah dengan memberikan bantuan modal usaha atau yang sering disebut BLT dan kini berubah nama menjadi BPUM BRI. Fokus pemerintah kali ini adalah mereka para pelaku usaha kecil atau mikro.

Karena alasan tersebut juga lah bantuan yang diberikan memiliki nominal Rp 1.2 Juta yang bisa dibilang sesuai untuk usaha mikro. Karena ini memang ditujukan untuk para pelaku usaha mikro, maka sudah jelas ada beberapa ketentuan yang berlaku apabila ingin melakukan pengajuan.

Adanya ketentuan tersebut sebagai bentuk upaya agar bantuan kali ini bisa tepat sasaran dan memang diterima oleh mereka yang benar benar membutuhkan. Di bawah ini adalah beberapa syarat yang perlu anda penuhi apabila anda ingin melakukan pengjuan bantuan BPUM BRI :

  • Warna Negara Indonesia dengan identitas lengkap dan jelas.
  • Memiliki izin usaha.
  • Menyertakan dokumen pendukung mulai dari SKU, Informasi tempat tinggal dan usaha.
  • Sudah melakukan pendaftaran atau pengajuan terlebih dulu pada dinas terkait.

Memang syarat yang harus anda lengkapi terlihat mudah dan sederhana, tapi untuk sampai pada tahap pencairan cukup panjang dan masih ada tahapan survei yang akan dilakukan oleh dinas terkait untuk memastikan anda memang orang yang berhak mendapatkan bantuan tersebut.

Apabila anda adalah para pelaku usaha yang memang lolos survey, maka anda pun bisa menunggu giliran atau proses pencairan. Ada pun untuk proses pencairan akan dilakukan melalui bank BRI dan anda akan dihubungi oleh dinas terkait apabila sudah sampai pada waktunya.

Tapi, apabila saat dilakukan survey anda tidak termasuk pada orang yang berhak menerima bantuan tersebut maka proses pengajuan pun sudah pasti tidak akan bisa diterima. Karena itu, pastikan anda sudah melengkapi semua syarat khusus dalam hal dokumen dan perizinan usaha atau keterangan usaha dengan jelas dan lengkap.

Apabila semua syarat sudah anda lengkapi maka cara daftar BPUM BRI yang kami bagikan ini tentu akan sangat mudah untuk anda lakukan dan anda sebagai pemohon bisa langsung melakukan pengajuan pada Dinas Koperasi dan UMKM di tempat anda tinggal atau domisili usaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published.