Categories
Lain-lain

Contoh Kritik Karya Seni Rupa Yang Benar

contoh kritik karya seni rupa memiliki banyak sekali poin penting yang tidak boleh dianggap sepele, dan tentu saja untuk bisa melakukan cara membuat kritik karya seni wajib memperhatikan setiap ketentuan yang ada.

Tentu anda yang mendalami sebuah karya seni juga wajib mengetahui cara membuat kritik karya seni yang benar. Hal tersebut seakan menjadi sesuatu yang wajib terlebih apabila anda menyukai dunia seni rupa.

Bagi anda yang belum memahaminya, anda pun bisa mengikuti ulasan matchshannon kali ini karena kami akan membahas dan memberikan beberapa contoh kritik karya seni rupa kepada anda dan pastikan anda mengikutinya sampai akhir.

Contoh Kritik Karya Seni Rupa

Walau disebut sebagai kritikan, tapi kritik karya seni bukanlah hal negatif bahkan ada banyak sekali manfaat dari melakukan dan mendapatkan kritik karya seni. Apabila dilakukan dengan benar, hal tersebut justru akan membantu banyak orang awam untuk mengenali maksud dari sebuah karya seni.

Tentu saja sebuah kritik tidak hanya akan membicarakan baik atau buruknya saja, tapi juga memiliki makna yang jauh lebih luas sebagai bentuk yang sebanarnya. Namun, perlu diingat sekali lagi bahwa untuk melakukannya perlu memahami beberapa konsep dan ketentuan yang berlaku agar tidak salah langkah.

Berikut ini adalah beberapa contoh dari sebuah kritikan karya seni.

Contoh Kritik Karya Seni Rupa 2 Dimensi.

Judul lukisan: Potrait seorang perempuan dengan gitar

Pelukis: Risa Rahmawati

Materia: Mix Media

Media: Kanvas 40cm x 59cm

Narasi

Lukisan ini menggunakan sebuah media dengan kategori mix, yang mana menggunakan lebih dari satu media dalam satu buah lukisan. Menggunakan banyak media tentu akan menimbulkan kesan yang jauh lebih meriah dan juga tidak monoton.

Penilaian dan Evaluasi

Dalam lukisan tersebut, pelukis ingin menunjukan perasaan seseorang saat sedang memainkan sebuah gitar. Namun, apabila dilihat lebih detail lagi, lukisan tersebut memiliki beberapa kelemahan seperti pemilihan warna yang kurang variatif dan hanya bermain pada warna primer saja. Dengan penggunaan warna tersebut, maka lukisan pun terkesan kurang matang.

Kekurangan

Tentu saja, seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya lukisan ini memiliki kekurangan dalam penggunaan warna yang kurang matang. Padahal, apabila pelukis lebih berani menggunakan warna warna yang lain, maka akan bisa membuat sosok yang ada di dalam lukisan pun lebih ceria lagi.

Kelebihan

Salah satu kelebihan dari lukisan ini tentu saja menjadi langkah awal yang tepat untuk seorang pelukis. Tentu saja, apabila dibandingkan dengan sosok sosok lain yang memang sudah lama menjadi seniman akan kalah jauh. Tapi, dengan langkah awal tersebut tentu sudah menjadi nilai lebih tersendiri.

Jadi, seperti itulah yang dimaksud dengan sebuah contoh kritik karya seni rupa yang mana anda harus menyampaikan dengan lengkap dan jelas terkait seni rupa yang akan anda kritik, dalam hal ini adalah lukisan.

Memang, beberapa orang akan menambahkan beberapa poin lain yang hal tersebut sah sah saja. Tapi, perlu diingat sekali lagi bahwa tujuan sebuah kritik karya seni adalah menjelaskan dan memberi masukan apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari sebuah karya seni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *